Cara Kerja Algoritma Youtube 2021 - Krenbis
bikin kaos youtube

Cara Kerja Algoritma Youtube 2021

Sistem Algoritma YouTube memilih video untuk pemirsa dengan dua tujuan: 

menemukan video yang tepat untuk setiap pemirsa, dan memikat mereka untuk terus menonton.

Ketika kita berbicara tentang "algoritma," kita berbicara tentang tiga sistem seleksi atau penemuan yang terkait tetapi sedikit berbeda:

  • Pertama sistem yang memilih video untuk beranda YouTube;
  • Kedua, sistem yang memberi peringkat hasil untuk setiap pencarian yang diberikan; dan
  • Ketiga, sistem yang memilih video yang disarankan (Rekomendasi) untuk ditonton pemirsa berikutnya.

YouTube mengatakan bahwa pada tahun 2021, video yang muncul di beranda dan  yang disarankan biasanya menjadi sumber lalu lintas teratas untuk sebagian besar channel youtuber. Kecuali untuk video penjelasan atau instruksi (misal, "cara memasak jengkol"), yang kebanyakan ditemukan oleh pemirsa dari penelusuran. 


Lalu Bagaimana YouTube menentukan Video mana yang akan muncul di layar Pemirsa??

Sinyal peringkat mana yang digunakan YouTube untuk memutuskan video mana yang akan ditampilkan kepada orang-orang?

Setiap sumber lalu lintas sedikit berbeda. Namun pada akhirnya, yang memengaruhi jumlah penayangan video Anda adalah gabungan dari:

  • Personalisasi (riwayat dan preferensi pemirsa)
  • Kinerja (video yang ditonton oleh banyak orang terjadi interaksi: disukai dan dikomentari)
  • Faktor eksternal (hal-hal seperti kompetisi video, tema yang disukai dan musiman)

Bagaimana YouTube menentukan algoritma halaman beranda?

Setiap kali seseorang membuka aplikasi YouTube atau mengetik di youtube.com, algoritma YouTube akan menawarkan beragam video yang menurutnya mungkin ingin ditonton oleh orang tersebut. (berdasarkan data-data yang tersimpan di google)

Pilihan ini sering kali video bertema luas karena algoritma belum menemukan apa yang diinginkan pemirsa: video lagu favorit, atau video masalah politik mungkin juga video lainnya yang kemungkinan bakal disukai.

Video yang dipilih untuk tampil di beranda berdasarkan dua jenis sinyal peringkat:

Kinerja: YouTube mengukur kinerja dengan metrik seperti rasio klik-tayang, durasi penayangan rata-rata, persentase penayangan rata-rata, suka, tidak suka, dan survei pemirsa. Pada dasarnya, setelah Anda mengunggah video, algoritma akan menunjukkannya kepada beberapa pengguna di beranda, dan jika video itu menarik, melibatkan pemirsa, dan memuaskan pemirsa tersebut (yaitu, mereka mengekliknya, menontonnya sampai habis, menyukainya, membagikannya itu, dll.) maka kemudian video itu akan ditawarkan kepada lebih banyak pemirsa di beranda mereka.

Personalisasi: Namun, YouTube tidak hanya memilih yang sedang tren. Personalisasi berarti bahwa YouTube menawarkan video kepada orang-orang yang dianggap relevan dengan minat mereka berdasarkan perilaku masa lalu mereka, alias riwayat tontonan. Jika pengguna menyukai topik tertentu atau menonton banyak saluran tertentu, lebih banyak hal yang sama akan ditawarkan. Faktor ini juga sensitif terhadap perubahan perilaku dari waktu ke waktu karena minat dan ketertarikan seseorang naik dan turun atau berubah-ubah.

Bagaimana YouTube menentukan algoritma untuk video yang disarankan?

Saat menyarankan video untuk ditonton orang berikutnya, YouTube menggunakan pertimbangan yang sedikit berbeda. Setelah seseorang menonton beberapa video selama kunjungan, algoritma akan memiliki lebih banyak gagasan tentang apa yang diminati seseorang hari ini, sehingga algoritma ini menawarkan beberapa opsi di sisi kanan layar:

Di sini, selain kinerja dan personalisasi, algoritma youtube kemungkinan besar juga akan merekomendasikan:

  • Video yang sering di tonton bareng
  • Video dengan tema serupa
  • Video yang telah ditonton pengguna di masa lalu


TIPS BUAT YOUTUBER

Tips 1: Bagi pembuat konten, menggunakan YouTube Analytics untuk melihat video lain yang telah ditonton pemirsa Anda dapat membantu Anda membidik topik dan minat yang lebih luas atau terkait apa yang dipedulikan pemirsa Anda.

Tips 2: Membuat sekuel dari video Anda yang paling sukses adalah teknik yang terbukti benar. 

Bagaimana YouTube menentukan sistem penelusurannya

YouTube adalah mesin pencari seperti halnya platform video, yang berarti bahwa sedikit pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization) itu penting.

Tentu, terkadang orang membuka YouTube untuk mencari video tertentu untuk ditonton (misal cara membuat roti donat). Tetapi meskipun demikian, sistem algoritma memutuskan bagaimana memberi peringkat pada hasil pencarian saat Anda mengetik "cara membuat roti donat".

KATA KUNCI: Algoritma pencarian Youtube bergantung pada kata kunci yang Anda gunakan dalam metadata video Anda untuk memutuskan tentang apa sebenarnya isi video Anda. Jadi, jika Anda ingin video Anda muncul saat orang menelusuri video tentang "membuat donat", Anda mungkin ingin menyertakan dua kata itu. 

PERFORMA Setelah algoritma memutuskan tentang apa isi video Anda, ia akan menguji hipotesis itu dengan menunjukkannya kepada orang-orang di hasil penelusuran. Saat itulah kinerja (rasio klik-tayang, waktu tonton, suka, umpan balik survei, dll.) menjadi penting. Jika video Anda menarik dan memuaskan orang yang mencari kata kunci Anda, itu akan ditampilkan kepada lebih banyak orang, dan naik ke SERP atau halaman pencarian.



Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter