Youtuber Pemula Sukses: Panduan Lengkap Modal Handphone - Krenbis
bikin kaos youtube

Youtuber Pemula Sukses: Panduan Lengkap Modal Handphone

Panduan Youtube Pemula Sukses

Pemahaman Dasar Youtuber

Youtube adalah sebuah platform hebat yang bisa kita gunakan untuk membagikan kreatifitas kita bahkan ide maupun pandangan kita.

Lewat youtube kita bisa berbagi gagasan dan membangun komunitas yang sesuai dengan ide dan gagasan kita itu.

Jadi jika Anda menjadi youtuber tidak sekedar bertujuan untuk mendapatkan Uang, Anda bisa membangun komunitas positif yang bisa menjadi bagian dari perubahan dunia ini.

Ide dan gagasan positif Anda yang kamu bagikan dalam bentuk video di Youtube adalah aset berharga bagi dunia ini.

(Paling mudah adalah mulai dari ketrampilan atau hobi apa yang kamu miliki - Misal; memasak, memancing, modifikasi, make up, fashion, hasta karya dan lain sebaginya).

Video Karya original Anda yang berlandasakan pada ide gagasan positif juga akan menjadi Aset berharga untuk diri Anda sendiri juga.  Youtube sangat menghargai karya original yang bersifat positif. Sehingga Arah kebijakan dan aturannya adalah mengakomodasi hal itu.

Sebab itu karya original positif akan sangat berguna bagi keberlangsungan Channel Youtube Anda pada masa yang akan datang.

Channel yang berisi Karya-karya plagiat dan reupload akhirnya akan menjadi target Youtube untuk dihapus.

Jadi Buat Anda yang ingin menjadi youtuber yang memiliki channel yang dapat berjalan lancar bahkan dapat menjadi aset yang berharga, maka pertimbangkan untuk mulai dengan karya-karya original yang berdasarkan ide dan gagasan Anda sendiri.

Bagaimana cara mulai menjadi youtuber?

Pertama, tentu saja Anda harus memiliki Akun Youtube dengan cara login youtube menggunakan akun Google Anda.  (Akun Google adalah akun Gmail Anda - Jadi pastikan Anda telah menyetel akun GoogleMail).

Lewat Handphone - Smartphone seperti Android, Instal Youtube dari Playstore dan Login dengan Akun Google.
CARA SUKSES MENJADI YOUTUBER

Sangat mudah untuk memulai di YouTube. Jika Anda belum melakukannya, ikuti langkah-langkah ini untuk membuat saluran atau channel baru.
  1. Masuk ke YouTube atau buat akun.
  2. Coba unggah/upload video.
  3. Jika Anda tidak memiliki saluran channel, Anda akan melihat permintaan untuk membuatnya.
  4. Periksa detailnya (Nama Akun Google dan foto) dan konfirmasi.
  5. Pilih nama saluran channel yang Anda sukai dan mewakili diri Anda (mirip dengan akun media sosial).
Selanjutnya, ada beberapa pengaturan akun yang mungkin ingin Anda perbarui secara langsung, seperti menghubungkan ke akun media sosial Anda, mengatur tingkat privasi untuk video Anda, dan memutuskan bagaimana Anda ingin menerima pemberitahuan.

Untuk mengaktifkan beberapa fitur, seperti thumbnail khusus dan unggahan yang lebih lama, Anda mungkin diminta untuk memverifikasi akun Anda.

Tugas Anda selanjutnya Adalah membuat video yang merupakan karya-karya original Anda yang bisa berisi Ide, Gagasan, Keahlian, Pendapat dan berbagai hal positif yang bisa Anda bagikan kepada orang lain.

SARAN: Untuk membuat nama Kanal, sebaiknya gunakan atau buat nama yang unik dan mudah diingat oleh orang lain. Sehingga akan memudahkan pengguna youtube dalam melakukan pencarian di masa yang akan datang.

Cara Membuat Video bermodal Smartphone

Sebagai pemula, Anda bisa memulai membuat video menggunakan HP anda. Tak perlu peralatan yang lengkap. Gunakan dahulu apa yang sudah Anda miliki.


Meski video berformat HD atau 4K sangat dianjurkan, namun Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membuatnya jika memang peralatannya belum ada.

HP android atau Iphone yang Anda miliki bisa Anda gunakan. Yang terpenting adalah Konten atau isi dari videonya Menarik dan bermanfaat bagi orang lain dan kualitas gambarnya tidak terlalu buram.

HP Android yang kekinian sudah banyak yang mendukung kualitas Video minimal HD (High Definition). Pilih setting Kualitas Video Ke HD saat melakukan perekaman video.

NB: Kejernihan video sangat bergantung pada fokus kamera dan cahaya sekitarnya. Jadi pastikan saat perekaman ada cahaya terang yang cukup. Jika Anda merekam di dalam ruangan, pastikan ada tambahan lampu terang sehingga objek yang direkam dapat terlihat jelas dan jernih.


Video Apa Yang Mau Dibuat?

Untuk mulai membuat video tentu perlu ide. Untuk itu sebelumnya mari kita baca dulu tulisan dari yotube berikut ini:


Di YouTube,  semua orang berhak memiliki suara, dan dunia adalah tempat yang lebih baik ketika orang-orang mendengarkan, berbagi, dan membangun komunitas melalui cerita.

YouTube adalah platform terbuka. Nilai-nilai kami didasarkan pada empat kebebasan esensial: kebebasan berekspresi, kebebasan informasi, kebebasan kesempatan, dan kebebasan untuk memiliki.

Salah satu hal terbaik tentang YouTube adalah Anda dapat terlibat dan menumbuhkan komunitas apa pun yang Anda sukai — apakah itu komedi, olahraga, mode, permainan, makanan, atau hanya kehidupan sehari-hari.

Melalui YouTube, Anda memiliki kekuatan untuk terhubung dengan audiens yang besar dan beragam. Lebih dari 1,9 miliar orang masuk ke YouTube setiap bulan — dan YouTube memiliki versi lokal di lebih dari 90 negara.

Selain itu, orang dapat menemukan konten Anda dalam berbagai cara. Sementara banyak pemirsa mengakses YouTube di ponsel, tablet, atau komputer mereka, populer juga untuk menonton dari layar televisi.

Selamat datang di YouTube — kami ingin membantu Anda berbagi cerita, terhubung dengan audiens, dan mengejar hasrat kreatif Anda.

Saat Anda memulai perjalanan Anda di YouTube, penting untuk menjadi otentik. Pemirsa lebih cenderung terhubung ketika mereka melihat Anda bersemangat tentang topik tersebut.

Orang-orang memiliki berbagai alasan untuk menjadi kreator Youtube. Misalnya, bisa terhubung dengan komunitas serupa, memamerkan bakat unik, memicu perubahan sosial, atau mempromosikan bisnis. Banyak kreator bergabung dengan YouTube untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan.

  • Pikirkan tentang misi Anda di YouTube:
  • Bagaimana Anda ingin memiliki dampak bagi orang lain atau dunia?
  • Apa yang ingin Anda katakan?
  • Pengetahuan apa yang bisa Anda bagikan dengan orang lain?
  • Siapa YouTuber favorit Anda dan apa yang membuatnya mudah diingat bagi Anda?

Di YouTube, ada beberapa batasan untuk apa yang dapat Anda bagikan. Ingatlah Pedoman Komunitas kami, yang membantu menjaga platform aman bagi semua orang.

Cara Mengedit Video di Handphone

Setelah anda menentukan tema saluran youtube dan telah selesai merekam video, Kini saatnya untuk melakukan editing video, agar video yang akan diupload menjadi lebih bagus dan enak ditonton.

Untuk mengedit video menggunakan smarpthone seperti Android Anda dapat menginstal aplikasi khusus untuk editing video. Ada banyak pilihan video editor yang bisa Anda temukan di Playstore untuk Android.
MENGEDIT VIDEO DI HANDPHONE

Beberapa nama Video Editor Ini bisa Anda coba untuk Instal dan Pelajari teknik editingnya.

  1. VivaVideo
  2. KineMaster
  3. Power Director
  4. filmoraGo
  5. VideoShow
  6. Magisto

Dasar-Dasar Editing Video

Pada dasarnya setidaknya ada 4 teknik utama dalam Mengedit video

  1. Cutting (Memotong) Video: Memotong atau menghapus bagian video yang tidak diinginkan.
  2. Add Sound: Menambah Suara baik itu Musik Latar atau efek. (Ingat!! - selalu gunakan musik yang bebas hak cipta. Anda bisa download di Sound Library Youtube).
  3. Add Text: Menambah kata atau tulisan
  4. Layering: Menambah clip video atau gambar maupun efek di bagian "depan" clip video yang ada.

4 teknik dasar ini sebaiknya Anda kuasai agar dapat membuat video yang lebih enak dan layak untuk ditonton.


Upload Video dan Tayangkan di Youtube

Inilah cara kerja YouTube.

Berikut langkah-langkah khas untuk mengunggah video dan mengembangkan Channel Youtube:
  • Anda mengunggah file video dari komputer atau perangkat seluler Anda.
  • Anda menambahkan detail deskriptif yang dapat membantu orang menemukan video Anda. Sebelum Anda mengklik: Terbitkan, Anda harus menambahkan beberapa informasi seperti judul, deskripsi, dan gambar Thumbnail mini. Detail ini disebut metadata dan berkontribusi pada pencarian youtube, jadi gunakan kata-kata dan gambar yang memberikan pandangan akurat dan menarik tentang apa yang bisa diharapkan oleh penonton.
  • Orang-orang menontonnya. Algoritma pencarian YouTube bekerja di latar belakang untuk mencocokkan pemirsa dengan video yang paling mungkin mereka tonton dan nikmati. Banyak 
  • faktor yang mempengaruhi hal ini, seperti apa lagi yang akan ditonton oleh pemirsa individu, atau yang belum ditonton, video yang disukai, video yang tidak disukai, dll.
  • Fans kembali untuk menonton lebih banyak lagi. Ketika seseorang menikmati video, mereka dapat berlangganan saluran Anda dan membagikannya dengan teman dan keluarga mereka. Pemirsa dapat meninggalkan komentar di video Anda dan Anda dapat membalasnya. 

Strategi Menjaring Penonton dan Mulai Membangun Channel Youtube

Setelah mengunggah video pertama Anda, Anda dapat mencoba strategi ini:
  • Buatlah Jadwal Upload.  Bikin jadwal upload video sehingga pemirsa Anda tahu kapan harus mencari konten baru. Pertimbangkan untuk mengomunikasikannya di cuplikan saluran Anda atau mengingatkan pemirsa di video Anda. 
  • Tambahkan Section dan daftar putar (Playlist). Daftar putar adalah daftar video berurutan yang Anda buat, seringkali dengan tema tertentu. Section adalah cara untuk mengatur grup video di saluran Anda. 
  • Dapatkan snapshot saluran Anda. Lihat Dasbor YouTube untuk melihat statistik dan kiat saluran dengan cepat.
  • Bagikan Link Video terbaru Anda di sosial media seperti Facebook, Twitter atau Instagram.
  • Ingatlah bahwa kesuksesan biasanya tidak terjadi dalam semalam. Pertimbangkan bagaimana Anda dapat membangun saluran Anda dengan menghasilkan konten yang hebat dan terlibat dengan penggemar atau penonton Anda.

Membuat Merek Untuk Channel Youtube Anda

Di YouTube, Anda memiliki kesempatan untuk menyiarkan pribadi anda sendiri, seperti minat, gairah, kepribadian, bakat, ketrampilan dan banyak lagi. Video yang Anda hasilkan tentu saja akan mencakup hal-hal ini dan dengan melakukannya, Anda dapat membuat "merek" untuk saluran Anda yang akan dikenali oleh audiens Anda.

Merek saluran Anda adalah serangkaian karakteristik unik yang memisahkan saluran Anda dari yang lain dan mengomunikasikan pesan-pesan utama dan strategi konten Anda.

Pertimbangkan Hal-hal berikut ini untuk Merek atau Brand Saluran Anda:
  1. Jelas dan representatif sehingga orang yang menemukan saluran Anda akan langsung mengerti tentang apa video Anda.
  2. Sesederhana mungkin. Pikirkan logo atau merek produk yang Anda sukai — kemungkinan besar itu adalah gambar tunggal yang melekat di otak Anda.
  3. sesuatu yang Anda banggakan. Ingat — merek saluran Anda akan menjadi perpanjangan citra dari Anda, terutama jika Anda membintangi saluran Anda sendiri.

Penempatan Logo Merek atau Brand Anda

Logo Merek saluran Youtube Anda dapat terlihat di berbagai tempat di YouTube. Ingatlah untuk menjaga setiap elemen ini konsisten dengan yang lain sehingga saluran Anda terlihat seperti satu merek yang kohesif.

  • Ikon channel adalah gambar atau logo  Anda yang mewakili saluran Anda. Itu muncul di banyak tempat — di halaman saluran Anda, ketika Anda berkomentar, dan di kanan bawah video dalam kebanyakan mode pemutaran. Yang terbaik adalah mengunggah gambar persegi atau bundar. 
  • Spanduk Header adalah ruang spanduk yang lebih besar bagi Anda untuk menunjukkan tentang saluran Anda. Banyak youtuber memasukkan jadwal unggahan mereka di sini. Kami merekomendasikan spanduk setidaknya berukuran 2560x1440 px untuk mencapai tampilan terbaik di semua perangkat. Anda dapat membuatnya di perangkat lunak pengedit foto favorit Anda.
  • Deskripsi saluran di tab "Tentang" memberi pemirsa gambaran umum tentang apa yang dapat mereka harapkan dari saluran Anda. Itu bisa menggambarkan jenis konten yang akan Anda hasilkan, termasuk jadwal unggahan Anda, dan perhatikan siapa yang membintangi video Anda. Anda juga dapat menyertakan tautan ke situs web Anda, info kontak dan / atau akun media sosial.
  • Cuplikan saluran adalah video cepat yang ditampilkan di halaman muka saluran Anda dan ditampilkan kepada pemirsa yang tidak berlangganan. Anda dapat menggunakannya untuk memberi audiensi Anda preview dari apa yang diharapkan di saluran Anda dan mendorong mereka untuk berlangganan. 
Catatan: cuplikan saluran Anda dapat berubah seiring pertumbuhan saluran Anda.
Setelah Anda memiliki beberapa video di saluran Anda, alat lain yang perlu dipertimbangkan adalah kartu, layar akhir, bagian dan daftar putar.


Aturan dan Kebijakan Youtube

Kebijakan yang memandu YouTube
Berbagai pedoman dan kebijakan di YouTube membantu menjaga komunitas yang aman dan bersemangat. Siapa pun yang menggunakan YouTube harus meluangkan waktu untuk meninjau. Sebagai kreator, Anda bertanggung jawab untuk memastikan konten dan perilaku Anda mengikuti aturan ini.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Ketentuan Layanan YouTube — yang berlaku untuk siapa saja yang menggunakan YouTube. Jika Anda melanggar Ketentuan Layanan, saluran Anda dapat dihapus dan / atau akun Anda dihentikan. Sebaiknya tinjau ini dari waktu ke waktu, karena YouTube dapat merevisi Ketentuan Layanan.

PEDOMAN KOMUNITAS YOUTUBE

Siapa pun yang berinteraksi dengan YouTube harus mengikuti Pedoman Komunitas ini. Ini adalah aturan yang masuk akal yang membantu memastikan YouTube adalah tempat terbaik untuk mendengarkan, berbagi, dan membuat komunitas. Pedoman ini menguraikan jenis konten yang diizinkan di YouTube, aturan yang melarang hal-hal seperti spam atau pelecehan, dan banyak lagi.

YouTube bergantung pada kombinasi orang dan teknologi untuk menandai konten yang tidak pantas dan menegakkan pedoman ini. Jika Pihak youtube menemukan bahwa konten Anda tidak mengikuti Pedoman Komunitas, Anda akan menerima peringatan (untuk pelanggaran pertama). Saat lain kali konten Anda ditemukan melanggar kebijakan kami, Anda akan menerima teguran Pedoman Komunitas. Jika setelah peringatan ...


  • Anda akan mendapatkan strike, maka Anda tidak akan dapat memposting apa pun — video, streaming langsung, cerita, gambar mini khusus, dan posting — selama satu minggu
  • Anda mendapatkan teguran kedua, maka Anda tidak akan dapat memposting apa pun — video, streaming langsung, cerita, gambar mini khusus, dan posting — selama dua minggu
  • Anda mendapatkan tiga teguran, maka saluran Anda akan dihentikan
Catatan: Pelanggaran berat dapat menyebabkan dampak lainnya.


Jika Anda menerima teguran, pastikan untuk meninjau alasannya dan pelajari lebih lanjut di Pusat Kebijakan agar itu tidak terjadi lagi. Jika Anda merasa konten Anda tidak melanggar Pedoman Komunitas, Anda dapat mengajukan banding atas tindakan tersebut. Pelajari lebih lanjut tentang dampak Strike terhadap apa yang dapat Anda lakukan di YouTube.

YouTube adalah platform global untuk berita dan informasi, dan kami menyadari bahwa kadang-kadang materi grafis sangat penting untuk pemahaman kita tentang dunia. Sangat penting untuk menambahkan konteks, baik di dalam video Anda maupun dalam judul dan deskripsi.

Saat video ditandai, seseorang di tim YouTube meninjau video — dan konteksnya — untuk memutuskan apakah video harus dibatasi, dihapus, atau tetap ditayangkan. Ini termasuk mengevaluasi video untuk tujuan pendidikan, dokumenter, ilmiah, atau artistik.

Aturan Tentang HAK CIPTA

Anda harus mengunggah konten (termasuk musik, video, dan karya seni) yang Anda buat atau yang Anda otorisasi untuk digunakan; jika tidak, ini dapat mengakibatkan pelanggaran hak cipta.

Jika Anda menggunakan konten orang lain di saluran YouTube Anda, pemilik hak cipta dapat mengirimkan permintaan penghapusan. Jika ini permintaan yang valid, video Anda akan dihapus dari YouTube dan Anda akan mendapatkan teguran hak cipta. Anda dapat menunggu teguran hak cipta berakhir, mencari pencabutan, atau mengirimkan pemberitahuan tanggapan. Jika Anda mendapatkan tiga teguran hak cipta, saluran Anda akan berakhir.

Atau, jika Anda mengunggah video yang berisi materi yang dilindungi hak cipta, Anda bisa berakhir dengan klaim Content ID yang dikeluarkan oleh pihak yang memiliki musik, film, acara TV, video game, atau materi yang dilindungi hak cipta lainnya. Klaim Content ID dapat mengakibatkan penghapusan atau hilangnya pendapatan tergantung pada tindakan yang ditentukan oleh pemilik hak cipta (tetapi Anda dapat menyengketakan klaim yang Anda yakini salah).

Penting untuk menjaga YouTube sebagai platform yang menginspirasi semangat kreativitas dan melindungi hak-hak kreatif. Jika saluran lain mengunggah konten Anda tanpa izin, Anda dapat mengajukan keluhan hak cipta melalui formulir web kami.

Konten Video Dengan Batasan Usia

Dalam beberapa kasus, video tidak melanggar kebijakan youtube, tetapi mungkin tidak sesuai untuk semua pemirsa, sehingga tim peninjau YouTube dapat menempatkan batasan usia pada video. Beberapa faktor yang mempengaruhi ini adalah:


  • Bahasa vulgar
  • Kekerasan dan citra yang mengganggu
  • Konten telanjang dan sugestif secara seksual
  • Penggambaran aktivitas berbahaya atau berbahaya


Video yang dibatasi usia tidak memenuhi syarat untuk monetisasi dan tidak ditampilkan kepada pengguna di bawah 18 tahun. Jika Anda yakin video Anda terbatas karena kesalahan, Anda dapat mengajukan banding.

Kebijakan terkait monetisasi

Program Mitra YouTube (YPP) memungkinkan Anda memperoleh uang dari iklan yang ditayangkan di video Anda. Saluran Anda harus memenuhi persyaratan berikut agar memenuhi syarat:

  • Memiliki 4.000 jam tonton dalam 12 bulan sebelumnya dan 1.000 pelanggan.
  • Mematuhi kebijakan YPP.
  • Mematuhi kebijakan Spam YouTube dan Pedoman Komunitas.
  • Mematuhi kriteria monetisasi.
  • Video harus mengikuti pedoman ramah pengiklan. Jika Anda ingin mengunggah konten yang tidak mematuhi pedoman ini, Anda harus mematikan iklan di masing-masing video.
  • Anda seharusnya hanya menghasilkan uang dari konten (termasuk musik, video, dan karya seni) yang Anda buat atau memiliki hak untuk digunakan.

Jika Anda sudah mendaftar ke YPP dan memenuhi persyaratan, kami akan meninjau saluran Anda untuk kepatuhan dengan kebijakan YPP dan kebijakan YouTube lainnya.  #youtube

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter